Rabu, 30 Mei 2012

Sel Koordinasi pada Manusia

A.   Sel Saraf
       Sel saraf juga disebut juga Neuron.Neuron merupakan bagian terkecil dari sistem saraf. Sel saraf mempunyai bagian tertentu, yaitu badan sel, yang terdiri inti sel yang dikelilingi oleh sitiplasma. Pada badan sel saraf terdapat penjuluran situplasma yang berupa serabut-serabut halus. Ada serabut yang panjang dan ada yang pendek. Penjuluran sitoplasma yang pendek disebut dendrit, sedangkan yang panjang disebut neurit atau akson.
       Dendrit berfungsi untuk menerima dan menghantarkan rangsang menuju ke badan sel. Neurit berfungsi menhantarkan rangsang dari badan sel ke sel saraf  dari lainnya.
       Di dalam dendrit terdapat benang-benang halus yang disebut neurofibril. Neurofibril dibungkus oleh selaput halus yang disebut mielin. Mielin berfungsi mempercepat jalannya rangsang. selibung mielin tersusun atas kumpulan sel schwann. Sel Schwann membentuk jaringan yang membantu menyediakan makanan bagi neurit.

B.    Macam-macam Sel Saraf
1.    Sel Saraf Sensori
       Sel saraf sensori disbut juga sel saraf indra, karena berfungsi membawa rangsangan (implus) dari indra ke sraf pusat.
2.    Sel Saraf Motor
       Sel saraf motor disebut juga sel saraf penggerak, fungsinya membawa rangsangan (implus) dari saraf pusat ke otot atau kelenjar.
3.    Sel Saraf Penghubung
       Sel saraf penghubung atau perantal berfungsi untuk meneruskan rangsangan dari sel saraf sensori ke seraf motor. Sel saraf ini banyak terdapat dalam otak dan sumsum tulang belakang.

C.   Impuls dan Lintasannya
       Pesan atau rangsang yang dibaawa oleh neuron disebut impuls. Impuls akan berjalan sepanjang sel saraf (neuron) dalam satu arah.

1.    Lintasan Pendek atau Cepat
Jalan Gerak Refleks
       Lintasan impuls yang pendek atau dapat terjadi secara tiba-tiba atau spontan da pada saa yang singkat. Hal ini terjadi karena impuls tidak dialirkan ke otak. Impuls melewati saraf sensori menuju saraf penghubung di sumsum tulang belakang, lalu ke saraf motor, dan timbul tanggapan. Jalan impuls yang pendek atau cepat ini menimbulkan gerak refleks.







2.    Lintasan Panjang
Jalan Gerak Biasa
       Liontasan impuls yang panjang akan terjadi bila, rangsangan diterima oleh indra kemudian indra mengirim impuls melalui neuron sensori menuju neuron perantara dalam sumsum tulang belakang lalu je otak.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
Creative Commons License
 

©Copyright 2012 Imronfajar_12™ Seo Elite by BLog BamZ | ∑ : Imron Fajar