Sabtu, 09 Juni 2012

Gerak Pada Tumbuhan

       Gerak pada tumbuhan terjadi karena proses tumbuh atau karena rangsangan dari luar. Tanggapan tumbuhan terhadap rangsangan disebut iritabilitas atau daya peka terhadap rangsangan.       Ada tiga macam gerak pada tumbuhan, yaitu gerak tropisme, nasti, dan taksis. dalam artikel ini kalian akan mempelajarinya satu persatu.

A.    Gerak Tropisme
        Gerak tropisme adalah gerak tumbuhan yang dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan.
   
Macam-macam Tropisme :
1.    Fototropisme
Fototropisme dipengaruhi oleh datangnya sumber cahaya matahari. Pada gerak ini ujung batang tunbuhan selalu tumbuh mengarah ke sumber cahaya matahari.
2.    Geotropisme
Geotropisme dipengaruhi oleh arah gaya tarik bumi (gaya gravitasi). Pada gerak ini akar selalu mengarah ke bawah menuju inti bumi.
3.    Hidrotropisme
Hidrotropisme dipengaruhi oleh ketersediaan air bawah tanah. Pada gerak ini akar tumbuhan akan menuju/mencari ke sumber air bawah tanah.
4.    Tigmotropisme
Gerak tigmotropisme dipengaruhi oleh rangsangan sentuhan. Gerak ini akan selalu mengikuti apa yang selalu disentuh, contoh : pada tanaman anggur, sulur yang dimilikkinya akan membelit pada benda apa saja yang menentuhnya.
5.    Kemotropisme
Kemotropisme adalah gerak tumbuhan karena adanya rangsang bahan kimia.
Gerak Tropisme
Gerak Geotropisme


Gerak Hidrotropisme











Gerak Tigmotropisme
B.    Gerak Nasti
        Gerak nasti adalah gerak yang tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan.

 Macam-macam gerak  Nasti
1.    Tigmonasti
Tigmonasti akan terjadi bila disentuh, contohnya pada putri malu. Gerak menutupnya daun putri malu terjadi karena adanya perubahan tekanan turgor (kekuan daun) pada tangkai daunnya akibat sentuhan.
2.    Fotonasti
Fotonasti akan terjadi bila adanya rangsangan dari cahaya matahari, tetapi arah geraknya tidak dipengaruhi oleh cahaya itu. Contohnya pada bunga pukul empat akan mekar pada sore hari.
3.    Termonasti
Termonasti akan terjadi bila menerima rangsangan dari suhu. Conttohnya pada bunga tulip, terbukanya (mekarnya) bunga tulip terjadi pada hari-hari yang hangat, yaitu pada musim semi.
Gerak Tigmonasti
Fotonasti Bunga Pukul Empat: bunga mekar pada sore hari




Pada termonasti, suhu yang hangat  merangsang kucup tulip untuk mekar
C.    Gerak Taksis
        Taksis merupakan gerak perpindahan tempat sebagian atau seluruh bagian tumbuhan akibat adanya rangsangan. Gerak taksis ini umumnya terjadi pada tumbuhan tinkat rendah.

Macam-maca gerak Taksis
1.    Kemotaksis
Contoh gerak taksis terjadi pada sel gamett tumbuhan lumut. Sel gamet jantan bergerak menuju sel gamet betina. Pergerakan ini terjadi karena adanya zat kimia yang dihasilkan oleh sel gamet betina. Taksis yang disebkan oleh rangsangan zat kimia diisebut kemotaksis.
2.    Fototaksis
Contoh lain gerak taksis terjadi pada alga hijau Chlamydomonas yang langsun bergerak menuju cahaya yang intentitasnya sedang. Taksis yang disebabkan oleh rangsangan cahaya disebut fototaksi.

0 komentar:

Posting Komentar

Older Post ►
Creative Commons License
 

©Copyright 2012 Imronfajar_12™ Seo Elite by BLog BamZ | ∑ : Imron Fajar